Saturday, 10 November 2018

Simbiosis


Simbiosis
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Kehidupan semua makhluk hidup dapat berlangsung karena adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya. Hubungan tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Hubungan khas antar makhluk hidup seperti ini disebut simbiosis. Hubungan tersebut tidak selamanya menguntungkan. Jika hubungan tersebut menimbulkan keuntungan bagi keduanya, dinamakan simbiosis mutualisme.  Jika hubungan tersebut hanya menguntungkan salah satunya dan tidak merugikan yang lain, disebut simbiosis komensalisme. Jika hubungan tersebut menuntungkan salah satunya dan merugikan yang lain, dinamakan simbiosis parasitisme. Lebih lanjut ketiga jenis simbiosis tersebut dijabarkan sebagai berikut:

1. Simbiosis mutualisme

simbiosis

Simbiosis mutualisme adalah hubungan dua makhluk hidup berbeda jenis yang saling menguntungkan. Contohnya hubungan antara lebah dan bunga. Makanan lebah adalah nektar bunga. Oleh karena itu, lebah akan hinggap di bunga, jika sedang makan. Gerakan lebah ketika sedang mengisap madu bunga dapat merontokkan serbuk sari yang ada pada bunga. Serbuk sari tersebut dapat menempel pada tubuh lebah. Ketika lebah berpindah tempat, serbuk sari yang menempel di tubuhnya dapat jatuh pada putik bunga yang dihinggapi. Akibatnya, terjadilah proses penyerbukan. Hal yang sama juga terjadi pada hubungan kupu-kupu dan tumbuhan berbunga.

2. Simbiosis komensalisme

simbiosis

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis yang satu mendapat keuntungan dan yang lain tidak dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara tanaman anggrek dan pohon. Tanaman anggrek menempel pada pohon, tetapi tidak menghisap makanan dari pohon yang ditempelinya karena anggrek dapat membuat makanan sendiri. Tanaman anggrek hanya membutuhkan tempat yang tinggi agar mendapat cahaya materi yang cukup. Jadi, tumbuhan yang ditempeli tidak dirugikan walaupun anggrek memperoleh keuntungan dari tumbuhan tersebut.

3. Simbiosis parasitisme

Simbiosis

Simbiosis parasitisme adalah hubungan dua makhluk hidup yang berbeda jenis, yang satu mendapat keuntungan dan yang lain dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah hubungan antara tali putri dan pohon inang. Tali putri hidup menempel pada pohon inang. Tali putri menghisap zat-zat makanan dari pohon inang sehingga tali putri merugikan pohon inang. Pada hubungan ini, tali putri dinamakan tumbuhan parasit.


EmoticonEmoticon