Sunday, 9 December 2018

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu


Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

tsurune

Studio animasi Kyoto Animation kembali mengangkat judul novel yang diterbitkannya menjadi serial anime. Novel karya Kotoko Ayano berjudul Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu diadaptasi menjadi anime dan mulai rilis pada 22 Oktober 2018.
Tsurune: Kazemai Koudou Kyuudoubu bercerita tentang seorang anak Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun pertama, bernama Minato Narumiya. Minato meminati olahraga panahan semenjak ia kecil. Ia bercita-cita menjadi atlet panahan, karena ia menyukai suara tsurune. Tsurune adalah suara yang dihasilkan ketika anak panah dilepaskan dari busur panah.
Pada saat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Minato masuk ke dalam klub panahan dan menjadi pemanah yang hebat. Namun, pada saat ia mengikuti suatu kejuaraan, Minato gagal membawa sekolahnya meraih kemenangan, disebabkan ia mengalami “target panik”, yakni sebuah kondisi di mana atlet panahan kehilangan rasa percaya diri untuk melepaskan anak panahnya dengan benar. Hal tersebut membuat Minato frustasi dan berpikir untuk berhenti menjadi atlet panahan.
Cerita berlanjut ketika Minato masuk SMA. Ia dipaksa oleh teman-temannya untuk ikut bergabung dengan klub panahan SMA Kazemai yang baru terbentuk. Awalnya ia menolak, namun setelah ia dengan tidak sengaja melihat latihan Masaki Takagawa, yakni seorang pemanah yang hebat, tekat Minato kembali muncul untuk melawan “target panik” yang ia alami. Akhirnya, ia memutuskan untuk bergabung di klub panahan SMA Kazemai bersama teman-temannya dan bertekad untuk kembali mengikuti kejuaraan Nasional panahan di tingkat SMA.
Adapun tokoh-tokoh yang terdapat pada Tsurune: Kazemai Koudou Kyuudoubu, antara lain:

1. Minato Narumiya

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Minato Narumiya merupakan tokoh utama pada anime Tsurune: Kazemai Koudou Kyuudoubu. Ia sangat mencintai olahraga panahan. Namun, semenjak ia mengalami “target panik”, Minato sempat bimbang untuk melanjutkan minatnya tersebut. Meskipun akhirnya, setelah sejumlah kejadian, Minato bergabung ke dalam klub SMA Kazemai dan bertekad untuk menyembuhkan “target panik” yang ia derita.

2. Seiya Takehara

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Seiya Takehara adalah sahabat Minato sejak kecil. Seiya merupakan siswa yang cerdas dan berpendirian tenang. Ia merasa ikut bertanggung jawab terhadap “target panik” yang dialami oleh Minato, karena pada saat tragedi tersebut muncul, ia berada di sisi Minato, namun hanya diam saja. Pada saat SMA, Seiya kembali masuk ke sekolah yang sama dengan Minato. Inilah kesempatan untuk Seiya menebus kesalahannya yang ia telah perbuat, dengan membantu Minato menghadapi “target panik”-nya.

3. Ryouhei Yamanouchi

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Ryouhei memiliki pribadi yang periang dan ceria. Ia sangat memikirkan perasaan teman-temannya. Meskipun tidak memiliki pengalaman dalam olahraga panahan, ia tetap bergabung dengan klub panahan SMA Kazemai dan berlatih memanah bersama teman-temannya.

4. Kaito Onogi

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Kaito terkesan cuek dan penyendiri. Namun, sebenarnya ia merupakan orang yang sangat peduli terhadap teman-temannya. Ia memiliki kemampuan yang lebih unggul dari teman-temannya berkenaan dengan mengenai target pada saat memanah. Meski begitu, ia tidak pernah merasa puas dan ingin terus berkembang dengan giat berlatih.

5. Nanao Kirisagi

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Nanao merupakan tipe pelajar yang sangat populer. Ia memiliki banyak penggemar yang rela datang hanya untuk menonton ia berlatih.

6. Masaki Takagawa

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Masaki merupakan seorang pemanah profesional. Minato sempat tidak sengaja bertemu dengan Masaki yang sedang berlatih panahan. Hal tersebut membuat semangat Minato kembali untuk melawan “target panik” yang ia alami. Secara mengejutkan Masaki kembali muncul dan menjadi pelatih dari klub panahan SMA Kazemai. Melalui bimbingannya, ia bertekad untuk membawa SMA Kazemai dapat bersaing di kejuaraan panahan tingkat Nasional.

7. Suu Fujimura

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Suu merupakan teman masa kecil Minato dan Seiya. Pada saat SMP, mereka bertiga bersekolah di SMP yang sama dan mengikuti klub panahan di SMP. Suu sangat mahir dalam memanah dan dijuluki sebagai “pangeran muda”. Pada saat SMA, Suu memilih untuk bersekolah di SMA Kirisaki dan berpisah dengan Minato serta Seiya karena klub panahan SMA Kirisaki merupakan klub yang terkenal. Suu akhirnya menjadi rival Minato dan Seiya di SMA.

Hal-hal yang mendidik dari anime Tsurune: Kazemai Koudou Kyuudoubu, di antaranya:

1. Mengenalkan olahraga panahan

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Anime Tsurune: Kazemai Koudou Kyuudoubu berpusat pada kisah Minato yang mengikuti klub panahan SMA Kazemai bersama teman-temannya. Pada anime ini, kita dikenalkan dengan olahraga panahan, lengkap dengan teknik-teknik yang perlu dipahami untuk melakukan panahan.

2. Melawan batas diri

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Inti cerita dari anime Tsurune: Kazemai Koudou Kyuudoubu adalah perjuangan Minato dalam melawan trauma yang ia alami bernama “target panik”, yakni kondisi di mana seorang pemanah kehilangan kepercayaan dirinya karena tidak dapat memanah tepat pada sasaran. Minato bertekad untuk pulih dan terus melatih diri agar dapat kembali memanah seperti sedia kala.

3. Pentingnya komunikasi

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Klub panahan SMA Kazemai tidak terbentuk begitu saja. Minato dan Seiya memang telah sama saling mengenal, namun belakangan mereka tidak terlalu banyak berbicara. Begitu pula dengan Ryouhei yang merupakan teman masa kecil Minato dan Seiya, tetapi baru berjumpa kembali di SMA tersebut. Apalagi dengan Kaito dan Nanao yang baru mereka kenal. Meskipun begitu, lama-kelamaan mereka bisa akrab dan bersama-sama mengikuti kejuaran panahan secara beregu.

4. Pentingnya rasa saling percaya

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Panahan memang merupakan olahraga individual. Namun, pada kelas beregu, panahan dilakukan oleh lima orang secara bergiliran. Di dalam hal ini diperlukan rasa saling percaya antar teman. Seperti halnya yang ditunjukkan kelima teman baik tersebut, yakni Minato, Seiya, Ryouhei, Kaito, dan Nanao.


EmoticonEmoticon