Tuesday, 29 January 2019

Bidang Miring


Bidang Miring
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

pemanfaatan Bidang Miring

Bidang miring merupakan bidang datar yang salah satu ujungnnya lebih tinggi daripada ujung lainnya. Bidang miring juga dapat diartikan sebagai suatu lintasan yang memiliki kemiringan tertentu dan membentuk sudut terhadap permukaan mendatarnya. Bidang miring dapat memudahkan berbagai pekerjaan. Melalui penggunaan bidang miring, gaya yang diperlukan lebih kecil jika dibandingkan dengan benda tersebut harus diangkat langsung. Misalnya, saat kita mengangkat peti ke atas truk, gaya yang diperlukan akan lebih besar jika dibandingkan dengan mendorongnya menggunakan bantuan bidang miring.
Bidang miring juga digunakan dalam perencanaan pembuatan jalan di daerah pegunungan. Jalan di pegunungan dibuat berkelok-kelok dengan tujuan gaya yang diperlukan lebih sedikit daripada jika jalan dibuat lurus menanjak sangat tajam. Semakin landai bidang miring, semakin kecil gaya yang diperlukan, tetapi jalan yang ditempuh atau dilalui menjadi semakin panjang atau jauh.
Tangga untuk naik ke bangunan yang lebih tinggi juga selalu dibuat berkelok-kelok, yakni memanfaatkan prinsip bidang miring. Benda lain yang dibuat dengan prinsip bidang miring adalah sekrup, pisau, kapak, dan gergaji.

Bidang Miring
Benda yang memanfaatkan prinsip bidang miring


EmoticonEmoticon