Thursday, 31 January 2019

Kirigami


Kirigami
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Seni kerajinan kertas kirigami merupakan salah satu varian dari kerajinan origami. Kirigami yang pengucapan kata belakangnya sama dengan origami, sebenarnya memang pengembangan dari seni kerajinan origami. Hal tersebut tidak terjadi begitu saja, namun sudah ada sejak zaman dahulu, di daratan Cina, pada zaman Dinasti Tang. Kerajinan kertas kirigami dikembangkan dari kerajinan kertas origami yang hanya terbatas pada seni melipat kertas. Tujuannya untuk semakin menambah bentuk lain dan meningkatkan kreatifitas serta membuat kerajinan tersebut lebih indah, bervariasi, dan hidup. Kerajinan kirigami masih berhubungan dengan seni melipat kertas, hanya saja ada penambahan pada seni memotong.
Kata kirigami sendiri memiliki dua kata dasar dari bahasa Jepang, yakni kiru atau kiri, yang berarti memotong dan kata gami atau kami, yang berarti kertas. Jadi, apabila kedua kata dasar tersebut digabungkan menjadi kirigami yang berarti pemotongan kertas.
Banyak orang menyangka bahwa kerajinan kirigami berasal dari negara Jepang, tetapi sebenarnya kerajinan kirigami berasal dari negeri Cina. Memang di negara Cina, seni menggunting kertas tidak disebut kirigami, namun semua pola dan cara pembuatannya yang menggunakan gunting sudah ada dan berkembang di Cina sejak ribuan tahun lalu.
Awalnya kerajinan kertas yang digunting hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan saja, lalu setelah berkembangnya kegiatan seni kerajinan dan aksesoris, maka kerajinan kertas yang digunting ikut berbaur mengikuti perkembangan kegiatan seni kerajinan dan aksesoris. Pada zaman Dinasti Tang, seni menggunting kertas ini dibuat untuk hiasan kepala wanita. Bahkan, pada zaman Dinasti Song, yakni sekitar abad ke-12, kerajinan menggunting kertas digunakan sebagai hiasan pembungkus oleh-oleh. Keterampilan ini berkembang seiring zaman. Setelahnya, keterampilan menggunting kertas justru dijadikan sarana mengetahui calon mempelai wanita memiliki keterampilan tangan atau tidak.
Membuat kirigami memerlukan tingkat imajinasi dan ketelitian yang tinggi. Pembuatan kirigami biasanya dilakukan dengan cara melipat-lipat kertas menjadi beberapa lipatan, mengguntingnya dengan membentuk pola tertentu sehingga pada saat kertas kembali dibuka dan dikembangkan akan muncul bentuk yang artistik dan sesuai dengan pola.
Untuk membuat kerajinan kirigami, bahan utama yang diperlukan tentu saja adalah kertas, karena fokus kerajinan kirigami adalah mengolah bentuk kertas menjadi aneka bentuk yang menarik. Ada berbagai macam jenis kertas yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan kirigami. Secara teknis hampir semua jenis kertas dapat dibuat menjadi kerajinan kirigami.
Tidak ada perlakuan khusus terhadap kertas yang akan digunakan untuk membuat kerajinan kirigami. Namun, ada baiknya menggunakan kertas yang sesuai dengan pola kirigami yang akan dibuat. Sejumlah jenis kertas yang umum digunakan untuk kerajinan kirigami, antara lain:
1. Kami, yakni kertas berbentuk bujur sangkar ukuran 2,5 cm hingga 25 cm, dengan satu sisi berwarna dan sisi lainnya berwarna putih. Sisi yang berwarna ada yang berwarna gradasi, dua warna, atau bermotif.
2. Washi, yakni kertas tradisional yang umum digunakan untuk membatasi rumah tradisional di Jepang. Berdasar sejarah, sejak dahulu orang Jepang mempelajari cara untuk menggunakan serat kulit kayu dari semak belukar untuk membuat kertas yang tipis tetapi kuat. Kertas tersebut digunakan di rumah-rumah tradisional Jepang untuk pintu geser (fusuma) dan pembatas (byobu).
3. Kertas biasa, yakni dengan berat 70-90 gram. Umumnya kertas ini digunakan untuk latihan membuat kirigami, karena kertas tersebut mudah didapat dan murah.
4. Kertas berlapis foil, memiliki warna mengkilap dan lapisan alumunium tipis di satu sisinya. Umumnya digunakan membuat kirigami untuk keperluan dekorasi.
Selain kertas sebagai bahan utama, kirigami memerlukan beberapa alat bantu lainnya. Alat bantu ini berguna untuk memotong dengan baik pola dasar yang sudah disiapkan. Sejumlah alat bantu tersebut, antara lain (1) gunting, (2) cutter, (3) lem, dan (4) pensil.
Beberapa contoh kirigami ditunjukkan pada gambar berikut:

seni kerajinan Kirigami

seni kerajinan Kirigami

seni kerajinan Kirigami

seni kerajinan Kirigami


EmoticonEmoticon