Tuesday, 12 March 2019

Inkaropianik


Inkaropianik
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

permainan tradisional papua

Permainan tradisional merupakan kekayaan yang dimiliki oleh budaya lokal Indonesia. Salah satunya, yakni inkaropianik yang berasal dari Papua. Permainan ini sangat terkenal di Kepulauan Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Irian Jaya, Papua.
Menurut bahasa daerah Kepulauan Raja Ampat, inkar berarti sejenis ikan yang kulitnya sangat kasar. Inkaropianik sendiri merupakan permainan rakyat Papua yang menggambarkan sangat kuatnya ikan dalam usaha untuk melepaskan jaring-jaring yang ingin menangkapnya.
Pada awalnya permainan ini adalah permainan yang dimainkan untuk melatih anak-anak Kepulauan Raja Ampat berenang. Selanjutnya permainan ini dijadikan oleh masyarakat tersebut sebagai perlombaan berenang. Akhirnya, dari waktu ke waktu permainan ini menjadi permainan yang sangat terkenal dan sering dimainkan oleh masyarakat Kepulauan Raja Ampat, khususnya anak-anak.
Peserta yang melakukan permainan ini tidak ada ketentuan jumlah yang pasti. Batas minimal peserta untuk melakukan permainan ini terdiri atas enam (6) orang. Jika permainan ini dimainkan dengan jumlah peserta yang banyak, maka permainan ini akan semakin seru dan ramai.
Cara bermain permainan ini, yaitu seseorang akan berperan menjadi seekor ikan, lalu peserta yang lain akan berperan sebagai rangkaian jaring-jaring yang berpegangan satu sama lain. Jalannya permainan ini dilakukan di dalam sungai, kolam, atau kolam renang. Pertama ikan harus berada di luar jaring, kemudian ikan tersebut harus masuk ke dalam jaring-jaring melalui celah-celah dari kaki-kaki peserta lain yang menjadi jaring. Setelah ikan berada di dalam jaring, lalu ikan akan berusaha untuk meloloskan diri dari jaring-jaring tersebut, yaitu dengan cara mendorong badannya ke arah jaring-jaring rangkaian tangan.
Orang yang berperan menjadi ikan dapat keluar dari jaring-jaring atas jika rangkaian tangan tersebut terlepas akibat dirusak oleh orang yang berperan sebagai ikan. Orang yang berperan sebagai ikan tidak boleh meloloskan diri lewat bawah, yaitu menyelam di antara kaki-kaki. Jika orang yang berperan sebagai ikan dapat meloloskan diri dari jaring-jaring tersebut dan berhasil diputuskan/dirusak maka permainan tersebut telah selesai.


EmoticonEmoticon