Friday, 5 April 2019

Berkunjung ke Museum


Berkunjung ke Museum
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

asiknya Berkunjung ke Museum

Museum merupakan tempat untuk melestarikan, menyimpan, merawat, menjaga, dan mengamankan benda warisan budaya. Selain itu, di museum kita bisa mendapatkan informasi mengenai seluruh aspek kebudayaan dan lingkungan dari berbagai bangsa. Keberadaan museum juga menjaga agar rantai sejarah tidak terputus, supaya manusia di kemudian hari dapat mengerti bagaimana proses pembentukan segala sesuatu di masa lalu.
Museum dapat memberikan banyak manfaat. Dengan mengunjungi museum berarti kita tidak melupakan kebudayaan bangsa. Wawasan dan pengetahuan kita akan bertambah karena banyak dari peninggalan sejarah umat manusia dan lingkungan yang tidak tercantum dalam buku pelajaran dapat kita temukan di museum dalam bentuk benda koleksi.
Saat ini museum di Indonesia sudah dijadikan salah satu pilihan sarana rekreasi oleh masyarakat. Mempelajari sejarah di museum tentu terasa menyenangkan karena di museum sering digelar berbagai macam pameran dan pagelaran seni, seperti seni tari, lukis, dan musik.
Jenis museum dapat dibedakan berdasarkan koleksi yang dimiliki, yakni terdapat dua jenis:

1. Museum umum

Berkunjung ke Museum

Museum umum adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti material manusia dan/atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi.

2. Museum khusus

Berkunjung ke Museum

Museum khusus adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda bukti material manusia dan/atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang disiplin ilmu, atau satu cabang teknologi.

Adapun jenis museum berdasarkan kedudukannya terdiri atas:

1. Museum nasional

Berkunjung ke Museum

Museum nasional merupakan museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.

2. Museum provinsi

Berkunjung ke Museum

Museum provinsi merupakan museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah provinsi di mana museum berada.

3. Museum lokal

Berkunjung ke Museum

Museum lokal merupakan museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten atau kotamadya di mana museum tersebut berada.

Museum harus dipelihara dengan baik. Untuk itu, tentu diharapkan tumbuh kesadaran dari kita semua, terutama generasi muda. Menjaga museum dapat dilakukan misalnya dengan cara menjaga kebersihan pada saat berkunjung, dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam museum dan tidak mencoret-coret atau merusak benda-benda yang ada di museum. Lebih baik, jika kita mau berbagi dan bercerita pengalaman berkunjung ke museum, sehingga teman-teman kita juga tertarik untuk berwisata ke museum.


EmoticonEmoticon