Thursday, 2 May 2019

Penguin Highway


Penguin Highway
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Penguin Highway cover

Penguin Highway adalah novel karangan Tomihiko Morimi dan dipublikasikan oleh Kadokawa Bunko pada 28 Mei 2010. Penguin Highway mendapatkan adaptasi serial manga pada 23 Juli 2018 yang diterbitkan di Media Factory’s Monthly Comic Alive Magazine. Lebih lanjut, Penguin Highway mendapatkan adaptasi anime yang digarap oleh Studio Colorido, tayang perdana pada Fantasia International Film Festival di Montreal, 29 Juli 2018 dan baru rilis secara luas pada 17 Agustus 2018.
Kisah berawal dengan beberapa ekor penguin muncul begitu saja di taman kota yang bukan saja panas, tetapi juga bahkan jauh dari aroma laut. Fenomena aneh tersebut jelas saja mengundang banyak reaksi. Orang dewasa kebingungan, mereka berusaha memindahkan penguin-penguin tersebut ke tempat yang lebih layak. Bagaimana dengan anak kecil seusia Aoyama? Suasana ruang kelas empat sekolah dasar tersebut riuh oleh semangat anak-anak yang bertanya-tanya perihal fenomena aneh itu. Sebagai seorang anak berusia sepuluh tahun, yang dibilang dewasa juga belum, tetapi memiliki kecerdasan yang jauh di atas teman sebayanya, Aoyama mencatat detil-detil tentang penguin yang dapat ia temukan di pada buku. Dia membandingkannya dengan yang ia lihat sendiri dan membuat teori-teori perihal kemunculan penguin tersebut.
Penguin Highway nyatanya adalah salah satu film unik yang dapat dibuat orang untuk anak-anak. Film ini menggali rasa penasaran yang didera oleh anak kecil. Karena bagi mereka hampir semua hal di dunia adalah misteri. Penguin tersebut justru bukanlah masalah sebenarnya bagi Aoyama. Karena sebenarnya ini adalah kisah tentang Aoyama berkembang menuju remaja, dewasa. Aoyama memiliki ketertarikan terhadap kakak cantik asisten dokter gigi, wanita yang jauh lebih dewasa daripada dirinya. Aoyama yang cerdas bahkan rela jarang menggosok gigi agar memiliki alasan untuk pergi ke dokter gigi, bertemu dengan Kakak yang juga jadi guru bermain caturnya. Hal ini menjadi semakin menarik tatkala Aoyama menemukan hubungan antara Kakak dengan kemunculan para penguin dan juga gelembung air besar yang Aoyama dan teman-temannya temukan di padang rumput, di dalam hutan.
Secara teknis, film ini tergolong cerita fiksi ilmiah, karena Aoyama dan teman-temannya memandang penguin dan semua peristiwa yang mengikutinya dari sudut keilmuan. Aoyama senang bereksperimen, dia membuat gadget dari mainan, dia menyimpulkan teori-teori berdasarkan data dan keilmuan yang ia teliti. Aoyama membuat catatan tentang segala hal yang ia teliti. Didukung oleh ayahnya yang kerap menyemangati dengan memberikan coklat tatkala Aoyama berhasil membuat kesimpulan terhadap suatu peristiwa. Tidak jarang ayahnya juga memberikan saran serta masukan saat Aoyama mulai kehilangan semangatnya dalam meneliti.
Elemen fiksi ilmiah ini sejatinya hanya cerita latar karena sesungguhnya ini adalah cerita tentang Aoyama yang beranjak remaja, dewasa. Filosofi hubungan antara Aoyama dengan Kakak lah yang menjadi penggerak utama cerita. Kamera akan menangkap perjalanan inner karakter, disuguhkan melalui animasi yang mempesona. Sementara kita hanya sekilas melihat catatan teori yang ditulis oleh Aoyama atau lewat dialog cepat yang ia sebutkan. Ceria penuh warna seperti mata anak-anak memandang dunia. Ketika dunia mereka menjadi aneh atau sedikit menyeramkan, warna-warna tersebut tidak lantas membuat film menjadi suram, melainkan animasinya dibuat mengundang rasa penasaran kita, mewakili perasaan Aoyama yang selalu ingin tahu.
Adapun sejumlah tokoh dalam film ini, antara lain:

1. Aoyama

Penguin Highway

Aoyama merupakan tokoh utama pada film animasi Penguin Highway. Pada sepanjang cerita memang fokus pada perkembangan Aoyama yang beranjak remaja, dewasa, serta fenomena-fenomena aneh yang terjadi di sekitar Aoyama dan teman-temannya. Aoyama sangat cerdas bila dibandingkan dengan teman sebayanya. Ia sangat senang meneliti sesuatu dan selalu mencatat apa yang ia teliti, untuk kemudian ia simpulkan.

2. Kakak Cantik, asisten dokter gigi

Penguin Highway

Tidak diketahui nama dari Kakak Cantik, asisten dokter gigi ini karena tidak pernah disebutkan sepanjang cerita. Aoyama tertarik kepada Kakak Cantik ini. Mereka selalu menyempatkan untuk bertemu dan berlatih bermain catur di sebuah kafe langganan. Pada pertengahan cerita, diketahui fenomena aneh yang terjadi di sekitar Aoyama dan teman-temannya ternyata berkaitan langsung dengan Kakak Cantik ini.

3. Uchida

Penguin Highway

Uchida merupakan sahabat terdekat Aoyama. Ia selalu menemani Aoyama untuk melakukan penelitian. Uchida memiliki sifat penakut, namun sangat peduli terhadap teman-temannya.

4. Hamamoto

Penguin Highway

Hamamoto merupakan murid pindahan. Meski begitu, tidak membutuhkan waktu lama untuk ia menjadi populer di kalangan teman-teman kelasnya. Selain cantik, Hamamoto juga sangat pintar, bahkan sering mengalahkan Aoyama dalam bermain catur. Diam-diam Hamomoto menyukai Aoyama.

5. Suzuki

Penguin Highway

Suzuki adalah anak paling bandel di kelas. Bersama kedua temannya, ia selalu menjahili teman-teman kelasnya, termasuk Aoyama dan Uchida. Di balik perilakunya yang bandel, sebenarnya ia penakut dan diam-diam menyukai Hamamoto.

6. Ayah Aoyama

Penguin Highway

Ayah Aoyama selalu mendukung penelitian yang dilakukan Aoyama. Tidak jarang ia memberikan saran kepada Aoyama dan memberikan coklat sebagai tanda keberhasilan, apabila Aoyama berhasil mendapatkan kesimpulan dari penelitian yang ia lakukan.

7. Ibu Aoyama

Penguin Highway

Ibu Aoyama sangat peduli dan sayang terhadap anak-anaknya. Meskipun tidak mendapatkan peran cerita yang banyak, namun kesan tersebut tergambar jelas tatkala Aoyama sakit.

8. Adik Aoyama

Penguin Highway

Adik Aoyama berusia sekitar lima tahun dan tampaknya telah bersekolah di taman kanak-kanak. Ia kerap kali menjahili kakaknya saat membangunkan tidur di pagi hari.

9. Ayah Hamamoto

Penguin Highway

Ayah Hamamoto merupakan seorang pimpinan peneliti di sebuah universitas. Ia berambisi untuk memecahkan fenomena-fenomena aneh yang terjadi di sekitar Aoyama dan teman-temannya. Bisa dibilang Ayah Hamamoto ini merupakan saingan dari Aoyama dalam memecahkan misteri yang terjadi tersebut.

Adapun hal-hal yang mendidik dalam film animasi Penguin Highway, di antaranya:

1. Mengenalkan penelitian

Penguin Highway

Film animasi Penguin Highway mengenalkan konsep penelitian melalui pemeran utamanya, yakni Aoyama yang selalu mencatat berbagai fenomena yang ia anggap aneh dan berusaha memecahkan misteri di balik fenomena tersebut.

2. Memperlihatkan sudut pandang anak-anak dalam melihat dunia

Penguin Highway

Meskipun Aoyama merupakan anak yang cerdas bila dibandingkan dengan teman sebayanya, namun Aoyama tetaplah anak-anak. Ia memandang dunia sebagai tempat yang luas dan memiliki berbagai fenomena unik. Layaknya anak-anak yang berpetualang dengan mulai mengenal seisi dunia.

3. Persahabatan

Penguin Highway

Film animasi Penguin Highway juga menyuguhkan tentang persahabatan. Bahkan seorang seperti Suzuki yang bandel dan sering menjahili teman-temannya, pada bagian akhir cerita tetap membantu Aoyama dan peduli terhadap Aoyama.

4. Kekeluargaan

Penguin Highway

Sikap kekeluargaan sangat tampak pada keluarga Aoyama. Ayah yang selalu mendukung apa yang sedang anaknya kerjakan, memberi saran, dan tetap mengingatkan untuk tidak memaksakan diri. Tak lupa, Ibu dan Adik yang sangat peduli terhadap Aoyama.

5. Mengajak untuk berimajinasi

Penguin Highway

Pada dasarnya film animasi Penguin Highway merupakan film fiksi ilmiah yang menyuguhkan berbagai fenomena unik yang sarat akan daya imajinasi, didukung dengan animasi-animasi yang mempesona.

1 comments


EmoticonEmoticon