Sunday, 21 July 2019

Media Pembelajaran Powtoon


Media Pembelajaran Powtoon
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

powtoon animation maker

Teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan seiring berkembangnya zaman. Berbagai perangkat lunak (software) bertebaran dari yang instan sampai yang kompleks. Tidak sedikit juga tersedia perangkat lunak yang gratis, salah satunya powtoon.
Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik, seperti animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang hidup serta pengaturan timeline yang sangat mudah. Penggunaan media pembelajaran mampu membangkitkan minat dan motivasi belajar peserta didik sehingga siswa mau belajar lebih giat dan mampu cepat mencapai tujuan belajar. Terlebih lagi beberapa media pembelajaran yang dirancang secara interaktif dan menarik mampu membuat pembelajaran secara aktif terlibat dalam pembelajaran.
Ria (dalam Zhang, 2012, hlm. 498) menjelaskan bahwa “animasi dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih efisien, menjadikan siswa dapat memahami materi untuk jangka panjang dan meningkatkan ketertarikan siswa”. Kelebihan lain dari penggunaan powtoon adalah guru dapat memproduksi sendiri media animasinya sesuai dengan kebutuhan yang dapat diakses secara gratis dan mudah dalam pengoperasiannya.
Powtoon mudah digunakan dalam proses pembuatan sebuah paparan. Paparan yang memiliki banyak karakter kartun, model animasi, dan benda-benda kartun lainnya membuat layanan ini sangat cocok digunakan untuk membuat media ajar, khususnya untuk para pelajar yang suka dengan suasana santai dan nonformal dalam pembelajaran di kelas.
Adapun manfaat media pembelajaran powtoon sebagai berikut:
1. Media powtoon dapat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan).
2. Media powtoon dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, seperti objek yang terlalu besar atau kecil, dapat digantikan dengan gambar, film bingkai, film, atau model.
3. Media powtoon dapat mengatasi gerak yang terlalu lambat atau cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography. Objek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model dan diagram. Konsep yang terlalu luas juga dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dan lain sebagainya.
4. Media powtoon dapat mengatasi penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi yang dapat mengatasi sikap pasif anak, seperti menimbulkan kegairahan belajar, memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan, memungkinkan anak didik belajar mandiri menurut kemampuan dan minatnya, memberikan perangsang pembelajaran yang sama, mempersamakan pengalaman, serta menimbulkan persepsi yang sama.
Di dalam setiap media pembelajaran tentunya memiliki kelebihan maupun kelemahan. Media pembelajaran powtoon memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:
1. Interaktif.
2. Mencakup segala aspek penginderaan.
3. Variatif.
4. Dapat memberikan feedback.
5. Penggunaannya praktis dan memotivasi.
Adapun kelemahan penggunaan media pembelajaran powtoon, di antaranya:
1. Ketergantungan pada ketersediaan dukungan sarana teknologi.
2. Membutuhkan dukungan sumber daya manusia yang memadai untuk mengoperasikannya.
3. Memerlukan kreatifitas guru untuk membuat paparan yang menarik.

Referensi
Zhang, Y. A. (2012). Developing Animated Cartoons for Economic Teaching. Journal of University Teaching & Learning Practice, 9(2), hlm. 496-511.


EmoticonEmoticon