Sunday, 4 August 2019

Up


Up
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

rekomendasi film mendidik up

Up adalah film animasi produksi Pixar Animation Studios yang didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Up ditayangkan perdana pada 13 Mei 2009 dalam Cannes Film Festival, dan mencatatkan sejarah sebagai film animasi pertama yang diputar dalam acara tersebut. Up kemudian dirilis pada tanggal 29 Mei 2009 di Amerika Serikat dan pada tanggal 29 Juli 2009 secara internasional.
Film ini berkisah tentang kehidupan Carl Fredricksen. Ia merupakan seorang lansia berumur 78 tahun yang telah ditinggal istrinya, Ellie yang telah meninggal dunia, dan tidak memiliki anak.
Pada awal cerita Carl adalah bocah pendiam yang bersahabat dengan perempuan tomboy bernama Ellie, yang ternyata sama-sama mengidolakan Charles Muntz, seorang penjelajah. Kemudian Carl dan Ellie menikah. Kehidupan mereka terlihat sangat bahagia, digambarkan dengan musik ceria dan impian pertama mereka adalah memiliki anak. Setelah mempersiapkan segalanya, kenyataan berubah ketika Ellie dinyatakan oleh dokter bahwa ia tidak dapat memiliki anak. Sesaat musik berubah lebih lambat dan sedih, tetapi kembali menjadi semangat saat Carl dan Ellie berusaha menyisihkan pendapatan mereka untuk terbang ke Paradise Falls, tempat Charles Muntz berada. Namun, tetap saja halangan selalu muncul sehingga mereka selalu memakai uang dari tabungan tersebut, sampai akhirnya mereka berdua menjadi kakek-nenek. Carl, yang menyadari impian mereka belum tercapai membeli tiket ke Amerika Selatan, dan ingin memberikan kejutan untuk Ellie. Namun, sebelum impiannya tercapai, Ellie terlebih dahulu meninggal dunia. Hal ini menyebabkan Carl benar-benar kehilangan semangat hidup dan menjadi pendiam serta tertutup.
Saat Carl akan dibawa ke panti jompo, ia kemudian pergi dengan menerbangkan rumahnya menuju Paradise Falls, air terjun di Venezuela, Amerika Selatan. Paradise Falls merupakan lokasi impian Carl dan Ellie, yang belum sempat dituju saat Ellie masih hidup. Namun, petualangan Carl diganggu oleh kehadiran seorang bocah pramuka bernama Russell yang secara tidak sengaja ikut tersangkut. Up juga menghadirkan karakter pendukung lain, seperti Dug (seekor anjing) dan Kevin (seekor burung langka).
Berikut tokoh-tokoh yang terdapat pada film animasi Up:

1. Carl Fredricksen

rekomendasi film mendidik up

2. Russell

rekomendasi film mendidik up

3. Charles Muntz

rekomendasi film mendidik up

4. Dug

rekomendasi film mendidik up

5. Kevin

rekomendasi film mendidik up

6. Ellie

rekomendasi film mendidik up

Adapun hal-hal yang mendidik dari film animasi Up, antara lain:

1. Jangan menyerah pada impian

rekomendasi film mendidik up

Carl Fredricksen bersama istrinya, Ellie memiliki impian untuk pergi ke Paradise Falls. Impian tersebut belum tercapai hingga Ellie meninggal dunia. Walau demikian, Carl tetap berupaya untuk mewujudkan impian tersebut, meski ia harus mewujudkannya seorang diri dan kini ia telah berusia belia.

2. Kembangkan ide dan imajinasi

rekomendasi film mendidik up

Untuk mewujudkan impian Carl dan istrinya, Ellie yang telah meninggal, Carl mencoba berbagai cara pergi ke Paradise Falls. Kegagalan demi kegagalan selalu ia temui. Sampai suatu ketika, Carl akan dipindahkan ke panti jompo dan terancam tidak dapat mewujudkan impiannya tersebut. Sontak ia memiliki ide untuk menerbangkan rumahnya dengan balon ke Paradise Falls. Ide imajinatif tersebut berhasil dan petualangan menuju Paradise Falls pun dimulai.

3. Peduli terhadap orang lain

rekomendasi film mendidik up

Russell seorang anak pramuka yang tadinya berusaha mendapatkan medali membantu orang tua dengan cara mengajukan bantuan pada Carl. Rasa peduli inilah yang mengawali Russell untuk bertemu dengan Carl. Akhirnya, Russell ikut terbawa dalam petualangan tersebut.

4. Menghadapi semua rintangan

rekomendasi film mendidik up

Sepanjang perjalanan menuju Paradise Falls banyak sekali rintangan yang Carl dan Russell hadapi. Mulai dari pencarian lokasi Paradise Falls dan secara mengejutkan perjalanan mereka pun dihadang oleh Charles Muntz, seorang penjelajah yang diidolakan oleh Carl dan Ellie, namun ternyata Charles memiliki niat jahat.


EmoticonEmoticon