Wednesday, 14 August 2019

YouTube Kids


YouTube Kids
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

rekomendasi tontonan mendidik untuk anak YouTube Kids

YouTube Kids adalah sebuah aplikasi video yang dikembangkan oleh YouTube. YouTube Kids menyediakan versi layanan berorientasi anak-anak, dengan pemilihan konten, fitur bimbingan orang tua, dan penyaringan video yang tidak pantas untuk ditujukan kepada anak di bawah usia 12 tahun.
YouTube Kids pertama kali dirilis pada 23 Februari 2015 dalam bentuk aplikasi Android dan iOS, yang selanjutnya tersedia juga untuk Televisi Pintar LG, Samsung, Sony, dan Android TV.
Adapun di Indonesia, YouTube Kids resmi dirilis pada 6 September 2018. YouTube Kids dibuat khusus untuk membawa kumpulan konten menarik dan ramah keluarga dari seluruh dunia. Prioritas utama YouTube Kids adalah memberikan pengalaman terbaik bagi keluarga dan anak-anak untuk mengakses kekayaan konten ramah keluarga. YouTube Kids memberi orang tua kontrol untuk memberikan pengalaman yang sesuai untuk anak-anak mereka mengeskplorasi keingintahuan mereka yang tidak ada habisnya dan belajar tentang topik-topik yang baru.
Aplikasi YouTube Kids juga memberikan desain yang cerah, penuh warna, dan menyenangkan sehingga anak-anak maupun orang tua dapat dengan mudah mencari konten-konten ramah anak. Konten-konten yang tersedia pada aplikasi YouTube Kids juga difokuskan khusus untuk keluarga. Aplikasi ini dapat menjadi tempat bagi anak-anak untuk mengeksplorasi imajinasi dan rasa penasaran mereka.
Beberapa fitur pada YouTube Kids juga dirancang untuk dapat membantu para orang tua mengontrol pengalaman anak-anak mereka. Fitur-fitur ini antara lain:

1. Pencarian aktif/nonaktif
Orang tua selalu dapat mematikan penelusuran dalam aplikasi YouTube Kids untuk membatasi konten ke saluran yang telah diverifikasi oleh tim YouTube Kids. Hal ini berarti bahwa pencarian tidak akan menyertakan rekomendasi dari YouTube Kids yang lebih luas. Anak hanya bisa menonton video/saluran yang dikehendaki oleh orang tua.

2. Profil anak
Orang tua dapat membuat profil untuk anak-anak mereka. Anak-anak akan menikmati profil individu dengan video dan rekomendasi mereka di satu tempat. Hal ini sangat berguna pada perangkat bersama yang digunakan oleh banyak anak.

3. Kode sandi untuk anak-anak
Anak-anak menginginkan kemandirian sehingga pada YouTube Kids anak dapat membuat kode sandi pribadi untuk masuk ke profil mereka. Tetapi orang tua tetap selalu dapat mengganti kode sandi mereka untuk masuk ke dalam aplikasi YouTube Kids apabila diperlukan.

4. Timer
Aplikasi YouTube Kids memiliki timer bawaan yang memungkinkan orang tua untuk membatasi waktu menonton anak-anak. Aplikasi ini akan memberitahu anak ketika sesi waktu telah selesai.


EmoticonEmoticon