Monday, 16 September 2019

Adaptasi Hewan Jenis Burung dan Tujuannya


Adaptasi Hewan Jenis Burung dan Tujuannya
Karya: Siti Putri Indriani

Beberapa hewan melakukan adaptasi morfologi (bentuk tubuh), fungsi tubuh, dan tingkah laku untuk dapat bertahan hidup. Makhluk hidup, seperti burung melakukan adaptasi bentuk paruh dan kaki. Jenis dan bentuk paruh burung dipengaruhi oleh makanannya. Sedangkan jenis dan bentuk kaki burung dipengaruhi oleh lingkungannya.
Macam-macam bentuk paruh burung, dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:

1. Paruh pemakan ikan

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya

Paruh burung pemakan ikan berbentuk panjang dan berkantong besar pada bagian bawahnya untuk menyimpan ikan. Contoh burung yang memiliki paruh jenis ini, antara lain burung pelikan dan burung bangau.

2. Paruh pemakan daging

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya

Paruh burung pemakan daging berbentuk tajam, kuat, runcing, dan sedikit membengkok untuk mengoyak makanan berupa daging. Contoh burung yang memiliki paruh jenis ini, antara lain Elang dan burung hantu.

3. Paruh pengisap madu

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya

Paruh burung pengisap madu berbentuk kecil, runcing, dan panjang untuk memudahkan burung mengisap madu yang ada di dasar bunga. Contoh burung yang memiliki paruh jenis ini, antara lain burung kolibri.

4. Paruh pemakan serangga


Paruh burung pemakan serangga berbentuk runcing dan panjang untuk mematuk kayu pohon dan menangkap serangga di dalamnya. Contoh burung yang memiliki paruh jenis ini, antara lain burung pelatuk.

5. Paruh pemakan biji

adaptasi hewan burung dan tujuannya

Paruh burung pemakan biji berbentuk pendek, tebal, dan runcing untuk memecah biji-bijian. Contoh burung yang memiliki paruh jenis ini, antara lain burung pipit.

6. Paruh pencari makan di lumpur

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya
Paruh burung pencari makan di lumpur berbentuk sudu (lebar) untuk mencari makanan di lumpur, tempat becek, dan air. Contoh burung yang memiliki paruh jenis ini, antara lain bebek.

Macam-macam kaki burung, dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:

1. Kaki perenang

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya
Kaki burung perenang memiliki selaput pada kaki yang berguna untuk berenang dan berjalan di lumpur. Contoh burung yang memiliki kaki jenis ini, antara lain bebek dan angsa.

2. Kaki pemanjat

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya
Kaki burung pemanjat terdiri atas empat jari, dua di depan dan dua di belakang yang berguna untuk memudahkan memanjat. Contoh burung yang memiliki kaki jenis ini, antara lain burung pelatuk.

3. Kaki pencengkram

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya
Kaki burung pencengkram memiliki jari kaki pendek, kuku melengkung tajam, dan cakar kuat untuk mencengkram mangsa. Contoh burung yang memiliki kaki jenis ini, antara lain elang dan burung hantu.

4. Kaki petengger

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya
Kaki burung petengger memiliki jari kaki panjang dan datar yang berfungsi untuk bertengger pada ranting-ranting pohon. Contoh burung yang memiliki kaki jenis ini, antara lain burung kakak tua dan burung nuri.

5. Kaki pengais

Adaptasi Hewan Burung dan Tujuannya
Kaki burung pengais memiliki tiga jari menghadap ke depan dan satu ke belakang tumbuh tidak sempurna, Fungsinya untuk mengais tanah saat mencari makanan. Contoh burung yang memiliki kaki jenis ini, antara lain ayam dan kalkun.


EmoticonEmoticon