Wednesday, 9 October 2019

Dayung


Dayung
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

olahraga Dayung

Olahraga dayung tentunya sudah tidak asing, di mana kegiatan ini dilakukan umumnya di atas laut, danau, atau sungai. Jenis olahraga satu ini adalah olahraga tunggal atau beregu air. Dayung sendiri terbuat dari kayu. Secara tradisional memang dayung lebih dikenal sebagai suatu alat transportasi dibandingkan sebuah cabang olahraga.
Walaupun jenis perahu dayung memang sudah populer dari dahulu kala karena pada zaman kuno masyarakat sudah banyak yang menggunakan, namun sebagai jenis olahraga tersendiri memang olahraga dayung terbilang masih baru.
Pada tahun 1880-an, W. P. Stephens memperkenalkan perahu dayung, yakni sebuah perahu berukuran panjang, namun memiliki proporsi yang sempit. Pada kedua ujung perahu dibuat runcing dan dayung yang ada pada genggaman tangan yang digunakan untuk menggerakkan perahu dengan awak perahu yang seluruhnya menghadap ke depan.
Seiring perkembangannya, kejuaraan dayung mulai diselenggarakan di berbagai negara. Kemudian mulai lebih banyak perlombaan yang bermunculan dan diselenggarakan dengan tujuan bagi peserta memperebutkan gelar sebagai pendayung paling baik pada masa itu.
Olahraga dayung modern terdiri atas dua jenis, yakni rowing (kayak) dan canoeing (kano). Kedua nomor olahraga dayung tersebut dijelaskan lebih lanjut, sebagai berikut:

1. Rowing (kayak)

Dayung

Rowing atau kayak adalah nomor olahraga dayung dengan perahu yang sudah seimbang dan dilengkapi dayung. Perahu rowing ini berjalan mundur. Ada dua jenis nomor rowing yang diperlombakan, yakni scull (satu dayung) dan sweep (dua dayung). Nomor rowing yang dipertandingkan terdiri atas 1 orang, 2 orang, 4 orang, dan 8 orang.

2. Canoeing (kano)

Dayung

Canoeing atau kano adalah nomor olahraga dayung yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena perahu belum dalam keadaan seimbang, sehingga mengharuskan pendayung yang mengikuti nomor ini berlatih agar dapat menyeimbangkan perahu. Nomor canoeing yang dipertandingkan biasanya terdiri atas 1 orang dan 2 orang.

Para atlet dayung perlu memiliki kemampuan teknik yang baik dikombinasikan dengan kapasitas fisik yang mumpuni. Adapun sejumlah teknik yang harus dipelajari dalam olahraga dayung, antara lain:
1. Dayung maju
Dayung maju adalah gerakan kayuhan dayung dari depan yang kemudian ditarik sampai ke belakang. Di dalam melakukan dayung maju, pastikan bahwa dayungan beralur lurus pada bagian pinggir lambung perahu. Tentu pada waktu melakukan dalam nomor beregu ada komando khusus yang dapat diikuti agar laju perahu dapat ke arah depan.
2. Dayung mundur
Dayung mundur adalah gerakan kayuhan dayung dari belakang lalu ditarik ke depan. Pastikan saat melakukan teknik dayung ini, dayungan beralur lurus pada bagian pinggir lambung perahu. Gerakan pada teknik ini pada nomor beregu juga ditentukan oleh komando khusus agar laju perahu benar-benar dapat ke arah belakang secara sempurna.
3. Dayung geser kanan
Pada teknik dayung ini, gerakan kayuhan dayung akan dibagi menjadi 2 tim. Pada tim pertama, para pendayung perlu duduk di sebelah kiri dan kayuhannya dilakukan dari luar mengarah ke dalam lambung perahu yang harus searah 90 derajat. Sementara itu, tim kedua setiap pendayungnya duduk pada sisi kanan dan kayuhan dilakukan dari dalam ke arah luar menjauh searah 90 derajat juga. Tujuan teknik ini tentunya supaya perahu bisa berbelok ke arah kanan.
4. Dayung geser kiri
Untuk teknik ini, gerakan kayuhan pun sama seperti pada teknik dayung geser kanan di mana pendayung dibagi menjadi 2 tim yang duduk di sebelah kanan dan kiri. Para pendayung yang duduk di sisi kanan, lakukan kayuhan dari luar ke dalam searah 90 derajat, sedangkan pendayung pada sisi kiri melakukan kayuhan dari dalam ke luar searah 90 derajat. Tujuan teknik gerakan ini adalah agar perahu dapat berbelok atau bergeser mengarah ke sebelah kiri.
5. Dayung kanan mundur
Ada pula teknik di mana kayuhan dayung dapat diatur kanan mundur dan lagi-lagi pada teknik ini ada 2 tim. Tim pertama ada di sisi kanan di mana kayuhan dayungnya dilakukan mundur, sementara tim kedualah yang berada pada sisi kiri sambil mengayuh dayung maju.
6. Dayung kiri mundur
Pada dayung kiri mundur juga terdapat 2 tim lagi dalam satu perahu di mana tim pertama ada di sebelah kiri bertugas mengayuh mundur dan tim kedualah yang ada di sisi kanan dan bertugas mengayuh maju.
7. Berhenti
Tentu saja perahu tidak akan terus lanjut didayung dan ada saatnya bagi perahu atau dayungan untuk berhenti. Saat perahu melaju sangat cepat, komando stop akan diberikan dan para pendayung bisa berhenti mengayuh .
Ketika sebuah tim dayung memegang dayung pada posisi berhenti, pendayung perlu memegang dayung lalu meletakkannya tepat pada bagian atas paha yang diserongkan ke arah belakang searah 45 derajat. Tujuan dari aksi gerakan ini adalah supaya mencegah kecelakaan yang berpotensi terjadi di atas perahu, yakni sewaktu sirip dayung yang ada di luar menyenggol benda keras.
Pada olahraga dayung nomor beregu, setiap tim pasti memiliki seorang kapten dan awak perahu lainnya perlu melakukan dayungan sesuai komando dari kapten. Maka dari itu, pada dayung beregu diutamakan kerja sama dan kekompakkan tim. Adapun komando singkat yang biasanya secara jelas disampaikan oleh sang kapten, sebagai berikut:
1. Kuat, artinya awak perahu bisa mendayung lebih kuat.
2. Maju, artinya awak perahu dapat mendayung ke arah depan untuk maju.
3. Belok kiri, artinya awak perahu yang ada di sisi kiri harus mendayung balik, sementara awak perahu di sisi kanan harus mendayung maju.
4. Belok kanan, artinya awak perahu yang ada di sisi kanan harus mendayung balik, sementara awak perahu di sisi kiri harus mendayung maju.
5. Dayung balik, artinya awak perahu seluruhnya perlu mendayung balik secara bersama-sama.
6. Tarik kiri, artinya awak perahu di sisi kiri mendayung tarik, sementara yang ada di sisi kanan mendayung menyamping.
7. Tarik kanan, artinya awak perahu di sisi kanan mendayung tarik, sementara yang ada di sisi kiri mendayung menyamping.
Beberapa peraturan olahraga dayung dalam olimpiade yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:
1. Jarak lomba olahraga dayung sekitar 2000 meter.
2. Ada bola karet pada setiap perahu yang digunakan untuk mendayung berdiameter 4 cm, di mana fungsinya sebagai peminimalisir kerusakan apabila terjadi benturan.
3. Perahu untuk nomor 8 orang memiliki panjang 13,4 meter dengan berat 52 kg.
4. Perahu untuk nomor 4 orang memiliki panjang 10,4 meter dengan berat 27 kg.
5. Perahu untuk nomor 1 orang dan 2 orang memiliki panjang 8, 2 meter dengan berat 14 kg.
6. Kategori scull memiliki panjang dayung 2,92 meter sedangkan kategori sweep memiliki panjang dayung 3,78 meter.


EmoticonEmoticon