Wednesday, 27 November 2019

Tari Andun


Tari Andun
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Tari Andun bengkulu

Tari Andun adalah tarian tradisional rakyat yang berkembang di daerah Bengkulu Selatan. Tari ini merupakan tari pergaulan dan ditampilkan oleh penari pria dan wanita.
Berdasar pada sejarahnya, tari Andun merupakan tari tradisi masyarakat Bengkulu Selatan yang sering ditampilkan untuk upacara adat dan panen raya sebagai rasa syukur masyarakat dari panen yang mereka dapat. Upacara adat tersebut dilakukan oleh semua masyarakat, terutama para pemuda dan pemudi. Tari ini dipercaya juga untuk mencari jodoh bagi kaum muda.
Seiring perkembangan zaman, tari Andun tidak hanya ditampilkan untuk kepentingan panen saja, melainkan untuk memeriahkan berbagai acara adat atau hajatan masyarakat. Tari ini juga memiliki makna jiwa sosial masyarakat Bengkulu Selatan dengan semangat kebersamaan yang mereka junjung tinggi.
Pertunjukkan Tari Andun dipentaskan untuk pria dan wanita untuk upacara adat dan diperbolehkan siapa saja untuk menari sesuai arena pertunjukkan. Jumlah penari disesuaikan kebutuhan.
Tarian ini diiringi musik pengiring. Gerakan tari Andun terbilang sederhana dan siapa saja boleh ikut menari karena tari ini bersifat sosial. Iringan Tari Andun menggunakan alat musik tradisional, seperti gong, gendang, serta kolintang khas Bengkulu dengan irama tempat cepat dimainkan secara berkelompok dan harmoni menghasilkan alunan musik khas.
Busana tari yang digunakan penari adalah bebas, namun tetap sopan dan untuk pertunjukkan tari, biasanya penari menggunakan busana adat khas Bengkulu.
Tari Andun tetap eksis dan berkembang hingga sekarang. Tari ini juga ditampilkan dalam berbagai pementasan pertunjukkan seni, promosi wisata, dan festival budaya.


EmoticonEmoticon